Skip to main content
Gereja Yesus Sejati Indonesia

Gereja Yesus Sejati Indonesia

Search
Gereja Yesus Sejati Indonesia
Gereja Kita
GYS Cianjur
  
Gereja Yesus Sejati Indonesia > Santapan Rohani > Bagian Terbaik  

Gereja Yesus Sejati Indonesia

Bagian Terbaik

Setiap kali keluarga saya pergi makan di restoran, saya yakin bahwa ayah saya tidak pernah menyukai apa yang dia pesan. Dia akan mulai dengan steaknya tetapi kemudian selalu memotong potongan besar untukku. Jika saya menyukai hidangannya, dia akan menawarkan untuk menukar piring sehingga saya bisa mendapatkannya. Hanya ketika saya tumbuh dewasa, saya belajar bahwa dia selalu menyimpan bagian makanan yang paling manis atau paling lembut untuk saya, meskipun ia juga sangat menikmatinya sama seperti saya.

Demikian pula, kitab Markus menceritakan sebuah kisah di mana seorang wanita memutuskan untuk mempersembahkan kepada Yesus harta miliknya yang paling berharga ‚ÄĚsebuah buli-buli pualam berisi parfum yang sangat mahal, terbuat dari minyak narwastu murni (Mrk 14: 3). Ini biasanya merupakan hadiah pernikahan yang akan membutuhkan waktu satu tahun gaji untuk dikumpulkan (setara dengan sekitar $ 30.000 hari ini), tetapi wanita itu menggunakannya untuk mengurapi Yesus dan menghormati-Nya. Dalam contoh yang kontras, orang Israel di zaman Maleakhi mengikuti perintah Allah untuk mempersembahkan korban binatang, tetapi memilih untuk memberi-Nya hewan yang sakit dan terluka yang tidak mereka inginkan (Mal 1:13). Tindakan mereka tidak mencerminkan keyakinan bahwa Tuhan layak mendapatkan kemuliaan dan kehormatan tertinggi.

Apakah kita menawarkan yang terbaik untuk Tuhan atau hanya sisa waktu dan tenaga kita?

Setiap hari, kita membuat keputusan dalam hidup kita yang menentukan bagaimana kita mengalokasikan waktu kita, yang pada gilirannya mencerminkan apa yang mengambil bagian terbesar dari hati kita. Misalnya, sepulang sekolah atau bekerja, apakah kita menghabiskan semua waktu luang kita yang berharga untuk hiburan atau menggunakan sebagian dari itu untuk membangun rohani kita? Apakah kita mempersiapkan pelajaran rohani pada malam sebelumnya atau mendedikasikan beberapa jam selama seminggu untuk merencanakan pelajaran?

Kita menunjukkan kepada Tuhan betapa pentingnya Dia dalam hidup kita dengan sengaja meluangkan waktu dalam jadwal kami untuk Dia, tanpa bersembunyi di balik alasan bahwa kita terlalu sibuk. Ketika kita merenungkan semua belas kasih, cinta, dan berkat-Nya di sepanjang kehidupan kita, kita secara alami akan mengembangkan hasrat yang tak terpadamkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan dengan mudah membuat pengorbanan bagi-Nya.

Yesus memuji wanita yang mengurapi Dia dengan mengatakan, "Dia telah melakukan hal yang indah"? (Mrk 14: 6, ESV). Dengan memberikan pemikiran yang saksama pada cara-cara kita dan belajar untuk memberikan kepada Allah bagian yang terbaik, kita juga dapat melakukan sesuatu yang indah, layak untuk kemuliaan dan anugerah-Nya.

Berikan yang terbaik untuk Tuan, Beri Dia tempat pertama di hatimu; Beri Dia tempat pertama dalam pelayanan Anda, menyucikan setiap bagian.

- Barnard, Charlotte A. "Berikan Yang Terbaikkepada Tuan." 1902. Comp.oleh Howard B. Grose

Pertanyaan untuk Refleksi

1. Apa artinya memberikan yang terbaik kepadaTuhan?

2. Mengapa kita merasa sulit memberikan yang terbaik kepada Tuhan?